0


NTB | GLOBAL SUMUT-
Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, mewakili Kapolri hadiri kegiatan pemberian hadiah Lomba Kampung Sehat "Nurut Tatanan Baru" (Kampung Sehat Awards) Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) bertempat di Ballroom Killa Senggigi Hotel, NTB, Senin, 9 November 2020.

Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal, menjelaskan Kampung Sehat merupakan penjabaran dari Kampung Tangguh Nusantara berdasar perintah Panglima TNI dan Kapolri sebagai upaya pencegahan dan penanganan pandemi COVID-19. "Kebetulan juga leading sector-nya Kabaharkam Polri," katanya.

Menurut Irjen Pol Mohammad Iqbal, "Sehat" di sini adalah akronim dari Steril, Ekonomi produktif, Harmonis, Asri, dan Tangguh. Kampung Sehat ini resmi beroperasi sejak awal Juni 2020 lalu.

"Pelaksanaan Kampung Sehat ini selalu kami analisa dan evaluasi (Anev) setiap bulan bersama Gubernur dan Forkompinda yang lain. Kami selalu memberikan punish and reward bagi daerah yang berprestasi maupun yang buruk dalam menangani dampak pandemi ini," terang Irjen Pol Mohammad Iqbal.

Oleh karena itu, lanjutnya, Kampung Sehat Awards ini merupakan bagian dari Anev tersebut, dan merupakan lomba pembuka dari lomba-lomba yang akan digelar setiap bulan hingga Februari 2021 mendatang.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kabaharkam dan seluruh hadirin yang hadir atas dukungan dan partisipasinya," ungkap Irjen Pol Mohammad Iqbal.

Berikut nama-nama pemenang Kampung Sehat Awards November 2020:

- Kampung Sehat Terfavorit versi Lombok Post
TAMAN SERUNI, LOMBOK TIMUR

- Tempat Wisata Tersehat
PANTAI TANJUNG BIAS, LOMBOK BARAT

- Pasar Tersehat
PASAR TALIWANG, SUMBAWA BARAT

- Tempat Ibadah Tersehat
MASJID AL-AMANAH, LOMBOK TIMUR

- Camat Terbaik
CAMAT CAKRANEGARA, MUHAMMAD ERWAN

- Kapolsek Terbaik
KAPOLSEK SEKOTONG, IPTU I KADEK SUMERTA, SH

- Danramil Terbaik
DANRAMIL MONTA, MAYOR SYAHARUDIN, SE

- Kades/Lurah Terbaik
LURAH ARAB KENANGAN, SUMBAWA BARAT, ERNY PATRIANI

- Babinsa Terbaik
BABINSA BILEBANTE, SERTU MOH SOHDI

- Bhabinkamtibmas Terbaik
BHABINKAMTIBMAS BAKAJAYA DOMPU, BRIGADIR AGUS SALIM

- Bupati Terbaik
BUPATI LOMBOK TIMUR, H. M. SUKIMAN AZMI

- Sekda Terbaik
SEKDA LOMBOK TIMUR, H. M. JUAINI TAOFIK

- Kapolres Terbaik
KAPOLRES SUMBAWA, AKBP WIDI SAPUTRA, SIK

- Dandim Terbaik
DANDIM 1607 SUMBAWA, LETKOL KAV RUDI KURNIAWAN, S.SOS, M.TR

- Kepala Dinas Kesehatan Terbaik
KEPALA DINKES LOMBOK BARAT, DRS. H. RACHMAN SAHNAN PUTRA, M.KES

- Kampung Sehat Terbaik
1. KAMPUNG SEHAT DESA KEMBANG KUNING, LOMBOK TIMUR

2. KAMPUNG SEHAT DESA PERNEK, SUMBAWA

3. KAMPUNG SEHAT DESA MURA, SUMBAWA BARAT



Sementara itu, saat memberikan sambutan, Kabaharkam Polri menyampaikan permintaan maaf dari Kapolri karena tidak bisa hadir. Selain itu, Komjen Pol Agus Andrianto juga menyampaikan titipan amanat langsung dari Kapolri.

Menurut amanat Kapolri yang disampaikan Kabaharkam Polri, dalam rangka Opspus Aman Nusa II-Penanganan COVID-19, Polri melakukan berbagai upaya untuk membantu masyarakat menghadapi pandemi. Di antaranya adalah Program Kampung Tangguh Nusantara dan kegiatan Program Ketahanan Pangan, yang kemudian di wilayah provinsi NTB diimplementasikan dalam bentuk Kampung Sehat NTB.

Sehat merupakan akronim dari Steril, Ekonomi produktif, Harmonis, Asri, dan Tangguh. Sedangkan NTB adalah "Nurut Tatanan Baru".

"Sebuah kampung dapat disebut tangguh atau sehat jika mempunyai syarat penerapan protokol kesehatan, keamanan, penerapan sosial ekonomi secara ketat dalam kehidupan 'new normal' yang ditetapkan pemerintah, menyiapkan rumah karantina/isolasi lengkap dengan fasilitas penunjang yang dibutuhkanjija ada warga yang terinfeksi, serta memperkuat ketahanan pangan dalam upaya meningkatkan produktivitas masyarakat. Dengan demikian tujuan kampung tangguh atau kampung sehat adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat dan membangun semangat berasama agar lebih waspada terhadap penyebaran COVID-19," kata Komjen Pol Agus Andrianto membacakan amanat Kapolri.

Sebagai bentuk apresiasi, Kapolri mengucapkan terima kasih kepada Forkompinda Provinsi NTB, khususnya Kapolda NTB, atas gagasannya melombakan Program Kampung Tangguh Nusantara melalui kegiatab lomba Kampung Sehat yang didukung oleh Gubernur NTB, Danrem 162/Wira Bhakti, Forkompinda Kabupaten/Kota, para tokoh agama, budaya, maupun pemuda, para Kepala Dinas, dan seluruh warga masyarakat NTB.

"Namun, mempertahankan kemenangan lebih sulit daripada mempurjuangkannya. Karenanya saya sangat berharap bahwa lomba Kampung Sehat ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja. Para pimpinan daerah diharapkan mempertahankan upaya-upaya yang telah dilakukan, penerapan protokol kesehatan di tengah-tengah masyarakat melalui penggunaan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan harus terus dijaga secara ketat. Disiplin menerapkan protokol kesehatan merupakan vaksin virus COVID-19," pesan Kapolri.[rs]

Posting Komentar

Top