0
STABAT | GLOBAL SUMUT -Dirjen Bimas Hindu Kementrian Agama Republik Indonesia Prof. DR. IB. Gede Yudha Triguna meresmikan Arca Dewa Shri Murughan dengan tinggi 20 meter yang terletak di Desa Padang Cermin Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, Minggu (28/10).

Dalam peresmian tersebut Gede Yudha juga menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada Bupati dan Pemerintah Kabupaten Langkat yang dinilainya peduli dan mendukung sehingga dapat berdirinya kuil dan arca Dewa Shri Murughan itu, yang menurutnya merupakan tertinggi ke-dua setelah yang ada di Malaysia.

Sementara Gubernur Provinsi Jambi Drs. Hasan Basri Agus, MM yang turut hadir mengatakan bahwa keberadaan arca yang berdiri kokoh di wilayah Langkat ini dapat menjadi satu diantara banyak daya tarik objek wisata yang ada, terutama wisata religius yang selama ini banyak dikenal terdapat di Kabuapten Langkat. Pihaknya juga menyampaikan terima kasih atas sambutan Pemkab Langkat selama 3 hari keberadaannya di Bumi Langkat berseri sembari menjelaskan bahwa kedatangaanya dikarenakan kedekatannya dengan sang pendiri kuil dan arca RK. Sanggar Linggam.

Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH yang diminta untuk meresmikan pemakaian Maha Kumbhabishegan Shri Raja Rajeshwari Amman kuil setelah dilakukan perehapan menyatakan Bangsa Indonesia sebagai sebuah Bangsa yang besar, dihuni berbagai ragam etnis serta agama dengan kekuatan Bhineka Tunggal Ika, “Berbeda-beda, namun tetap satu”  kata Bupati Ngogesa.

Dirinya mengajak agar perbedaan suku, agama maupun antar golongan tidaklah menjadi penghalang untuk saling berjabat tangan, membantu dan menguatkan antara satu dengan yang lain.

Masih menurut Ngogesa, tidak satupun agama yang mengajarkan ummatnya untuk berbuat kenistaan kepada orang lain akan tetapi sebaliknya bahwa dalam hidup diajarkan memberikan yang terbaik sehingga Tuhan akan memberikan jalan kemudahan. Ngogesa juga sempat mengenalkan keberadaan Kampung Bali yang ada di wilayah Langkat tepatnya di Kecamatan Wampu, “Informasi ini kiranya sebagai bagian kebersamaan masyarakat Langkat” ujarnya dihadapan ribuan tamu yang hadir tidak hanya berasal dari Sumut bahkan ada yang sengaja datang dari Malaysia bahkan India.

Lebih lanjut Bupati Langkat itu berharap keberadaan kuil dan arca ummat Hindu tersebut selain sebagai perekat dan menjaga martabat Langkat sebagai Bumi religius yang damai selama ini juga dapat menjadi daya tarik wisata religius, tentunya dengan tetap menjaga kebersihan dan keindahan serta kesucian kuil dan arca tersebut.

Sang Nyoman Suwisma Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) pusat menyatakan kuil dan arca yang keberadaannya diwilayah minoritas Hindu ini melambangkan toleransi kebersamaan dalam membangun Bangsa, “Inilah semangat Pancasila dalam NKRI”  imbuhnya, Nyoman berpesan kepada ummat Hindu disana untuk dapat menjadikan keberadaan kuil sebagai pemicu peningkatan kesejahteraan bahkan ekonomi masyarakat setempat tentunya dengan memperhatikan kebijakan-kebijakan dan kearifan lokal.

Sebelumnya Ketua panitia acara yang juga Ketua PHDI Sumut Narenshami mennyebutkan bahwa Arca Dewa Shri Murughan yang berdiri di Langkat ini, dikerjakan selama 3 tahun dan merupakan yang tertinggi ke-dua di Dunia, “Bahkan di Negara India sendiripun belum ada” ungkapnya seraya menyampaikan kegembiraannya atas kebersamaan dan toleransi masyarakat Langkat khusunya Desa Padang Cermin serta pihak Pemerintah mulai dari Kepala Lingkungan sampai dengan Bupati sehingga tempat ibadah ummat Hindu itu dapat berdiri sebagai wadah pembinaan keagamaan serta akhlak.

Pendiri kuil dan arca sendiri RK. Sanggar Linggam beserta keluarganya berharap keberadaan tempat tersebut dapat menjadi kebanggaan Sumatera Utara khusunya Langkat, Hadir juga dalam acara Anggota DPD RI Parlindungan Purba, Ketua Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Ir. Rataya B. Kentjanawaty Suwisma, Ketua Forum Kerukunan Antar Ummat Beragama (FKUB) Sumut Drs. H. Maratua Simanjuntak, Kasdam I BB Brigjend TNI I Gede Sumartha, Tokoh Masyarakat Sumut RE. Nainggolan, Dandim 0203 Langkat Letkol Arh. YP. Girsang, Staf Ahli Bupati Drs. Eddy Dharma Tarigan, M.Si, Kabag Humas Pemkab Langkat Drs. Rudi Kinandung, M.AP, Kakan Budpar Edi Saputra, SH, Camat Selesai Ikhsan Afrija, S.STP, M.Si dan Tokoh agama, masyarakat setempat serta undangan lainnya.(Awalussin)

Posting Komentar

Top