0
STABAT | GLOBAL SUMUT - Hari Sumpah Pemuda yang mengangkat tema “Mantapkan kemandirian, kreativitas dan kebangsaan menuju Asean 2015” membawa pesan bahwa kita semua dan pemuda khusunya perlu memantapkan tekad untuk terus menerus mempertahankan kemandirian dan kreativitas sembari membangun identitas kebangsaan yang lebih kokoh dan bermartabat. Hal tersebut disampaikan Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga dalam amanat tertulis yang dibacakan Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH saat bertindak selaku inspektur upacara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-84 di Alun-alun T. Amir Hamzah Stabat, Senin (29/10).
Gerakan sinergis ini kiranya menjadi modal besar bagi bangsa Indonesia untuk tetap dan terus bersama-sama membangun nilai-nilai persaudaraan, kegotong-royongan sembarai memantapkan identitas berhadapan masa depan yang semakin menggelobal, plural dan multikultural.
Pada bagian lain dihimbau agar berbagai element dan unsur kepemudaan (OKP) mempersiapkan diri terhadap pelaksanaan UU Kepemudaan yang akan diberlakukan penuh mulai 2013, hal ini penting agar unsur kepemudaan dapat menyesuaikan diri dengan baik menjalankannya dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
Pada rangkaian upacara Peringatan HSP, Bupati Ngogesa memberikan penghargaan kepada lima orang pemuda pelopor yakni Muhammad, SH dari Pematang Jaya yang mempelopori bidang kelautan, Bambang Suriono dari kecamatan Gebang bidang Kewirausahaan, Ahmad Senang dari Brandan Barat bidang Pendidikan, Agung Kurniawan bidang Seni Budaya dan Pariwisata.
Penghargaan juga diberikan kepada delapan orang tokoh pemuda Azhari Hasibuan pencetus napak tilas kesultanan, Eli maksum ketua pengurus HMI, Rehemda Yuli pemuda penggerak perempuan, Syahmujar pemuda peduli lingkungan, Samsudin pemuda muhammadiyah, Syuhi Fandi pemuda perintis ekonomi, M. Hasbi pemuda peduli lingkungan dan Jamaluddin Sitepu pemuda pengamat sosial pemberdayaan masyarakat.
Bertindak selaku perwira upacara Ketua KNPI Langkat M. Syamsul Harahap, Komandan Upacara Sutrisno dari FKPPI, pembaca do’a Kakankemenag Kab. Langkat Drs. HT. Darmansyah dan diiringi oleh paduan suar Korpri Kab. Langkat.
Tampak hadir barisan Bhineka Tunggal Ika dengan mengenakan pakaian daerah yang merupakan representatif suku-suku yang ada di Indonesia khususnya Bumi Langkat. Sementara sejumlah pejabat yang hadir antara lain Ketua DPRD H. Rudi H. Bangun, SE beserta sejumlah wakil dan anggota DPRD Langkat, Wakil Bupati Budiono, SE, Kajari Stabat DR. H. Asep Nana Mulyana, SH, M.Hum, Ketua PN Stabat Hj. Diah Sulastri Dewi, SH, MH, Ketua PA Drs. H. Syaifuddin, Sh, MH, Wakapolres Kompol Safwan Khayat, Sekda Drs. H. Surya Djahisa, M.Si, Danyon Marinir Letkol Mar Daniel Kreuta, jajaran pengurus KNPI, Ormas/OKP dan berbagai organisasi kewanitaan lainnya.(Awaluddin)

Posting Komentar

Top