0
MEDAN  | GLOBAL SUMUT-Pelayanan Camat Se-Sumatera Utara Perlu Diseragamkan
Sebagai pemimpin dan koordinator penyelenggaraan pemerintah di wilayahnya, para Camat merupakan ujung tombak pelayanan pemerintah. Untuk meningkatkan pelayanan tersebut maka diperlukan pemantapan dan keseragamaan aparat dalam menjalankan tugasnya.


Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah Provsu H Nurdin Lubis pada acara Pemantapan Keseragaman Aparat Kecamatan di Provinsi Sumatera Utara dalam upaya meningkatkan Pelayanan Pemerintah, di Hotel Madani, Medan, Rabu (11/6). 


Menurutnya, sesuai Peraturan Pemerintah RI no 23 tahun 2011 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah no 19 tahun 2010 tentang tata cara pelaksanaan tugas dan wewenang serta kedudukan keuangan, Gubernur memiliki peran untuk melakukan koordinasi guna mencapai keterpaduan baik perencanaan maupun pembinaan dan pengawasan


Ini diharapkan agar Pemerintah daerah berjalan secara efesien, efektif, berkesinambungan serta sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.


Selain itu setiap tahun anggaran berjalan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan pembinaan teknis maupun administratif kepada aparatur Kabupaten/Kota di wilayah Sumut. Kendati UU No 32 tahun 2004 tentang Pemda telah diubah dgn UU RI No 12 tahun 2012 , memberi dampak pada perubahan kedudukan kecamatan, kedudukan camat sekaligus kewenangan yang harus dijalankan oleh camat. 


"Pengaturan tentang kecamatan diatur jelas dalam peraturan pemerintah RI no 19 tahun 2008 tentang kecamatan serta konsekuensi perubahan Undang-undang,"paparnya


Berdasarkan peraturan yang ada, Pemprovsu memandang pentingnya menyelenggarakan kegiatan ini sebagai sarana mensosialisasikan perkembangan administrasi pemerintah dan pembangunan.  Hal ini terkait dengan tugas-tugas Camat dalam menjalankan tugas atributif dan delegatif serta berbagai kebijakan lainnya.


Untuk itu ada 6 Kecamatan se-Sumut yang mendapat peringat terbaik dalam penyelenggaraan pelayanan pemerintah yakni Dra Susi AsmaraniCamat Aek Natas Kab. Labura, Muhammad Andry S.S.STP Camat Air Batu Kab. Asahan, M. Syafransyah P.Nst SSTP Camat Dolok Merawan Kab Serdang Bedagai, Zai Noval SSTP Camat Medan Labuhan Kota Medan, Rais Kari, AP,MM Camat Sorkam Kab. Tapteng dan Pahala Zulfikar S.STP,M.Si Camat Sei Tualang Raso Kota Tanjung Balai.(GS-01)

Posting Komentar

Top