0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Wartawan Pemko Medan akan menggelar lomba karya tulis dan fotografi dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Medan ke 424 Tahun 2014. Lomba karya tulis dan fotografi bagi jurnalis ini memperebut kan hadiah jutaan rupiah . Selain itu melaksanakan bakti sosial berupa donor darah dari kalangan wartawan Pemko Medan dan DPRD Medan.

" Kita harapkan partisipasi kalangan jurnalis di Medan untuk mengirimkan karya terbaiknya,Ketua Panitia Lomba Karya Tulis dan Fotografi HUT ke-424 Kota Medan 2014, Pangihutan Sirumapea, didampingi Wkl Ketua M Edison Ginting, Sekretaris Ramli Sarumaha, Bendahara Adi Wasgo serta.penasehat, Lilik Riadi. M Arifin dan H Anwardin , di Balai Kota, Senin. (2/6/2014).

Selain Lomba Karya Tulis dan Lomba fotografi, kata Rumapea, panitia juga menggelar bakti sosial berupa donor darah dari wartawan yang bertugas di jajaran Pemko Medan maupun di DPRD Kota Medan. Rencananya, kegiatan donor darah kerjasama dengan PMI Cabang Medan serta Dinas Kesehatan Medan akan dilaunching pada 16 Juni 2014 di halamam Kantor Walikota Medan. Pak Walikota diharapkan hadir dan sekaligus akan melaunching kegiatan donor darah ini,kata Rumapea.

Khusus untuk lomba Karya Tulis yang mengambil tema Percepatan Pembangunan Kota Medan menuju masyarakat yang cerdas, sehat dan sejahtera Judul atau angel tulisan harus disesuaikan dengan karakter bahasa penulisan dapat diambil dari beberapa kategori bidang pembangu nan yang sedang dilakukan Pemko Medan, antara lain pelayanan public . Kesehatan, lingkungan hidup, Ketenaga kerjaan, Pendapatan Daerah, Fasilitas Umum, Perdagangan, Industri, Reformasi Birokrasi hingga Kebersihan dan Pendidikan.

Lomba akan dimulai pada 5 Juni 2014 dan pengiriman akhir naskah lomba tulisan paling lambat 16 Juni 2014 pukul 17.00 WIB. Untuk pengiriman naskah lomba, peserta diminta mengirimkan dalam dua format yakni softcopy ke email Dipo_gamed@yahoo.com dan hardcopy ke Sekretariat Panitia, Kantor Walikota Medan Jalan Kapten Maulana Lubis atas nama Dipo Sumarno dan Anggie untuk Lomba Fotografi.

Naskah hardcopy yang dikirimkan berupa klipingan koran tulisan dan photo yang sudah termuat di media massa disertai photocopy kartu pers. Sedangkan naskah softcopy merupakan naskah atau karya asli tulisan dan photo sebelum dimuat di media massa dengan dilengkapi identitas pengirim.

Untuk persyaratan, peserta yang dapat ikut dalam lomba ini adalah wartawan atau photografer yang aktif di media massa dilengkapi dengan photo copy kartu pers. Tulisan berkarakter features, wacana, artikel atau opini dengan jumlah karakter maksimal 6000 karakter dan lebih baik disertai photo karena masuk penilaian bidang fotografi.

Selain itu tulisan menggunakan bahasa santun dan baku sedangkan photo dapat mengambil angel photo sesuai bidang yang sudah ditentukan dengan teks photo lengkap. Peserta dapat mengirimkan karyanya lebih dari satu kali.Panitia akan melakukan penilaian dengan menyesuaikan karya pada tema dan bidang pembangunan yang sudah ditentukan di atas.
             
Sedangkan syarat-syarat Lomba Fotografi watawan antara lain peserta adalah Jurnalis yang bekerja pada Media Cetak, online dan Kantor Berita dengan menyerahkan fotokopi ID Press dan fotokopi KTP yang diikutsertakan merupakan karya sendiri, bukan merupakan plagiat atau karya orang lain dan yang belum pernah diikut sertakan pada perlombaan manapun.
Foto yang diperlombakan adalah foto hasil karya yang diambil pada 1 Januari 2014 sampai 16 Juni 2014 (batas akhir pengiriman) dan lokasi. pengambilan foto berada di seluruh wilayah kota Medan dan dicetak di atas kertas foto berwarna ukuran 10R (25,4 cm x 30,5 cm ). Foto yang masuk kepada Panitia tidak dikembalikan dan menjadi hak panitia untuk kepentingan publikasi Pemko Medan.
               
Judul foto, teks foto, lokasi pemotretan, waktu pemotretan, nama peserta, alamat peserta, nomor telepon peserta, ditulis pada kertas selembar dan tidak ditempel di belakang foto (di kertas terpisah) dan peserta Lomba boleh mengirimkan minimal 5 (lima) buah foto untuk diperlombakan (harus sesuai dengan tema lomba foto yakni pembangunan Kota Medan yang Berkelanjutan"
              
Panitia akan mengambil 6 Pemenang Lomba karya Tulis masing pemenang I. pemenang II dan pemenang III serta 10 nominasi karya tulis terbaik. Sedangkan bidang Fotografi masing-masing pemenang I, Pememang II dan Pemenang III serta 3 Nominasi karya fotografi terbaik. Selain hadiah uang, seluruh pemenang lomba jugaakan diberikan sertifikat. (red)

Posting Komentar

Top