0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Pemko Medan melalui  Dinas pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Medan kembali menggelar Car Free Day di Lapangan Merdekan, Minggu (12/3).  Selain menampilkan serangkaian kegiatan olahraga, Car Free Day juga akan dirangakikan dengan senam jantung sehat. Untuk itu Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin mengajak seluruh warga  Kota Medan  untuk mengikuti Car Free Day perdana yang digelar tahun 2017.
               
Seperti biasa, ungkap Wali kota,  Car Free  Day  diawali dengan pelepasan fun bike.  Kemudian diikuti senam jantung sehat serta senam aerobik. Di samping itu warga juga dapat menggunakan Lapangan Merdeka untuk kegiatan olahraga lainnya seperti jalan santai,  jogging maupun fasilitas bermain untuk anak-anak.
               
Khusus senam jantung sehat, Wali Kota berharap agar warga dapat mengikutinya, terutama bagi  yang sudah tidak berusia muda lagi. Sebab, semua gerakannya sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung jika diikuti secara rutin. Di samping itu durasi senam jantung sehat juga tidak lama, tak sampai satu jam.
               
“Jadi mari kita beramai-ramai mengikuti Car Free Day sambil melaksanakan senam jantung sehat yang bekerjasama dengan Yayasan Jantung  Indonesia (YJI) Cabang Sumatera Utara.  Insya Allah dengan rutin mengikuti senam ini, kita mampu mengurangi warga Kota Medan terkena penyakit jantung,” kata Wali Kota kemarin.
               
Selanjutnya kata Wali Kota,  masyarakat juga dapat memanfaatkan Car Free Day untuk perpanjangan pengurusan SIM C dan A bekerjasama Satlantas Polretabes Medan. Sebab, pihak Satlantas akan menyediakan mobil layanan perpanjangan SIM di seputaran lokasi Car Free Day. Kemudian menyediakan tempat tes pengujian kenderaan bermotor untuk mendapatkan SIM.
               
“Selain itu juga menyediakan taman bermain bagi anak-anak berusia 4  tahun ke atas, dimana taman ini akan memperkenalkan rambu-rambu lalu-lintas.  Sebab, memperkenalkan rambu-rambu lalu lintas harus dilakukan sejak dini. Jadi saya berharap agar warga dapat membawa anaknya ketika mengikuti Car Free Day,” jelasnya.
               
Selain sejumlah kegiatan olahraga, mantan Wakil Wali kota dan Sekda Kota Medan itu pun mengatakan, Car Free Day  akan  diisi dengan stand-stand  kuliner maupun hasil kerajinan tangan yang merupakan binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan maupun Dinas Peridustrian Kota Medan.
               
Sebelum mengakhiri  himbauannya, Wali Kota tak lupa menambahkan bahwasannya Car Free Day akan dirangkaikan dengan kegiatan sosial seperti donor darah bekerjasama dengan PMI Kota Medan, serta pemeriksaan kesehatan gratis.[rs/gbs/mdn]

Post a Comment

Top