MEDAN | GLOBAL SUMUT-Kapoldasu Irjen Pol H Rycko Amelza Dahniel diabadikan bersama Ketua Tanfidziyah PWNU Sumut H Afifuddin Lubis, Wakil Rais Syuriyah KH Imron Hasibuan, Sekretaris H Misran Sihaloho dan pengurus lainnya seusai acara berbuka puasa bersama di kantor PWNU Sumut, Jumat (2/6).
Kapoldasu Irjen Pol Dr H Rycko Amelza Dahniel MSi menyatakan, komitmen Nahdlatul Ulama (NU) terhadap Pancasila dan NKRI tidak diragukan lagi. Ini karena NU salah satu pilar yang menjadikan dan mendukung Indonesia berdasarkan Pancasila.

NU pasti tidak mau negara ini pecah, diobrak abrik dan dihancurkan siapapun, oleh ideologi apapun dan dengan cara apapun. Polri bersama NU akan berada di garda terdepan menjaga NKRI dan penjaga toleransi umat beragama yang ada di wilayah Sumut, kata Kapolda saat menggelar buka puasa bersama Pengurus Wilayah (PW) NU Sumut dan badan otonom (Banom) NU di aula PWNU Sumut Jalan Sei Batang Hari Medan, Jumat (2/6).

Hadir dalam acara itu Ketua Tanfidziyah PWNU Sumut H Afifuddin Lubis, Wakil Rais Syuriyah KH Imron Hasibuan, Sekretaris Tanfidziyah PWNU Sumut H Misran Sihaloho, Wakil Ketua Prof Syaad Afifuddin Sembiring, HM Hatta Siregar, HM Adlin Damanik, Upar Pulungan, Mustasyar PWNU Sumut H Maratua Simanjuntak, Wakil Katib Abror Dawud Faza, Ketua PCNU Tebing Tinggi Oki Doni Siregar yang juga Wakil Wali Kota Tebingtinggi, dan tokoh NU H Syarifuddin Siba.

Juga hadir pengurusBanom NU di antaranya Ketua PW Gerakan Pemuda Ansor Sumut Mulia Banurea, Wakil Ketua Ahmadan Harahap, pengurus Muslimat NU, Fatayat NU, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), IPPNU dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Selain itu hadir Wakil Rektor I Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNSU) Prof Khairil Ansari, dan WR IV dr H Masdulhag Siregar SpOG (K).

Kapolda mengatakan, buka bersama dengan pengurus PWNU Sumut dan Banom-banom yang diberitahukan secara mendadak ini untuk menjalin silaturahmi yang lebih akrab. Pejabat Poldasu dan jajaran ingin bersama-sama merasakan nikmatnya bulan Ramadan sebagai bulan yang berkah, rahmat dan magfirah.

Ricko yang akan menempati jabatan baru sebagai Gubernur Akademi Kepolisian (Akpol) berharap, silaturahmi ini dapat meningkatkan ukhuwah Islamiyah yang sudah terbangun selama ini. Sebab, silaturahmi di samping diwajibkan dalam agama, juga bisa menambah rezeki dan memerpanjang usia.

Dalam kesempatan itu, Ketua PWNU Sumut H Afifuddin Lubis menyampaikan terima-kasih atas penyelenggaraan buka puasa bersama di PWNU. Acara buka bersama ini, katanya, disampaikan Kapolda secara mendadak saat bertemu di rumah dinas Gubernur Kamis malam. Saat itu, Afifuddin tak dapat menjawab, karena banyak hal yang harus dipersiapkan.

Tiba-tiba pada Jumat pukul 11.00 Aspri Pak Kapolda menelepon saya menginformasikan bahwa Kapolda akan berbuka puasa bersama pada Jumat sore di kantor PWNU. Saya tertegun, tapi Aspri bilang jangan banyak pikir, karena semua konsumsi dan peralatan lainnya sudah disiapkan Pak Kapolda.

Mantan pejabat Wali Kota Medan itu menilai banyak persamaan NU dan Polri di antaranya, sama-sama menegakkan Pancasila dan NKRI. “Makanya ada plesetan, bahwa PBNU merupakan singkatan dari Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945, ucap Afifuddin yang disambut tawa nahdliyin dan para pejabat utama Poldasu.

Sementara itu, Wakil Rais Syuriyah PWNU Sumut KH Imron Hasibuan dalam tausiyah singkatnya mengatakan, sorga merindukan empat hal. Pertama membaca Alquran. Kedua, menjaga lidah. Ketiga, memberikan makan orang yang lapar. Keempat, orang yang mempuasakan bulan Ramadan.[rs]