0
LABUHAN DELI | GLOBAL SUMUT-Rutan Kelas II-B Labuhan Deli Jalan Titi Pahlawan Kelurahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan menggelar Pelatihan Konstruksi Bidang Bangunan Umum dan ketrampilan bagi warga binaan Permasyarakatan (WBP). 

Dalam pelatihan tersebut, sebanyak ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mengikuti pelatihan konstruksi dan keterampilan lain yang dipelajari nantinya bakal disalurkan baik sebelum maupun setelah menjalani proses hukuman.

Pelatihan tersebut atas kerja sama dengan koperasi pegawai dalam rangka mengisi kegiatan positif bagi WBP.

Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Labuhan Deli  Nimrot Sihotang Amd. IP. SH. MH, Kamis (30/8) mengatakan seluruh peserta bakal diberikan keterampilan dari instruktur ahli dalam mengolah material besi, batu, dan kayu hingga menjadi sebuah bangunan dan ketrampilan lainnya.

"Pelatihan selama beberapa hari ini bukan hanya kayu dan batu, tapi besi. Pelatihan ini bukan tujuan, tapi akhirnya mereka harus bekerja," kata Nimrot Sihotang.

Pelatihan tersebut  diharapkan menjadi bekal narapidana setelah selesai menjalani hukuman untuk dilibatkan dalam proyek infrastruktur.

"Apabila sudah memiliki pengetahuan dan ketrampilan mereka dapat pekerjaan di suatu tempat dan pemberi pekerjaan tidak akan bingung," tuturnya.

Dikatakannya,  jika pelatihan tersebut merupakan upaya pembinaan untuk WBP dan  merupakan langkah yang sangat strategis sebagai salah satu bentuk pembinaan bagi WBP.

Ini juga merupakan bentuk nyata peran Lembaga Pemasyarakatan dalam pembangunan, imbuh Nimrot.

Pelatihan ini diharapkan menjadi bekal hidup WBP dimasa depan dan pihaknya dapat menerima pekerjaan dari masyarakat sehingga terjadi kerjasama yang baik menuju WBP yang mandiri, ucapnya.[abu] 

Posting Komentar

Top