0


MEDAN | GLOBAL SUMUT-Pemko Medan menyerahkan bantuan untuk Masjid Nurul Islamiyah di Jalan Karya Tani Gg Makmur, Kelurahan Pangkalan Mansyur, Kecamatan Medan Johor, Kamis (15/4). 

Bantuan yang diberikan dalam Safari Ramadhan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk kemakmuran masjid. Penyerahan Bantuan senilai Rp 50 juta untuk Masjid Nurul Islamiyah ini diberikan Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE.,MM diwakili Sekda Kota Medan Ir.Wiriya Alrahman,MM kepada Ketua BKM, Gahman Sitorus. Selain bantuan uang Tunai, Pemko Medan juga memberi santunan kepada 50 anak yatim piatu dan Paket sembako untuk BKM Masjid Nurul Islamiyah. Dalam Safari Ramadhan ini juga diisi tausiah agama yang disampaikan Ustad Abidin Ahya.

Dikatakan Wali Kota Medan dalam sambutan yang dibacakan Sekda, Pemko Medan saat ini berkomitmen untuk memakmurkan masjid dengan mewujudkan masjid yang mandiri. Artinya ke depan masjid akan memiliki banyak fungsi dan tidak hanya sebagai pusat ibadah melainkan bisa menjadi pusat peradaban Islam dan menjadi sentral pengembangan ekonomi umat serta pusat pendidikan.

"Fokus safari Ramadhan tahun ini adalah untuk pemberdayaan masjid sebagai sentral segala aktivitas bagi masyarakat muslim di sekitarnya. Oleh karenanya kita harus bisa meningkatkan ekonomi para jamaah yang kurang mampu namun memiliki kegiatan ekonomi yang produktif dengan mengutamakan anak yatim piatu, jamaah difabel, penjaga masjid, ustad dan petugas masjid lainnya," kata Sekda. Dalam kesempatan ini juga Sekda yang hadir didampingi Pimpinan OPD diantaranya Kadis Lingkungan Hidup, Armansyah Lubis, Plt Kadispora Pulungan, Kadis P3APM Khairunisa Mozasa dan Camat Medan Johor Zul Fahri Ahmadi, mengajak jamaah masjid Nurul Islamiyah yang mampu untuk menyalurkan zakat, infak dan sedekah untuk membayar biaya sekolah anak yatim piatu, dan membangun ATM beras di Masjid.

"Kita bangun koperasi syariah bahkan bank Syariah yang bisa mengakomodir kebutuhan para jamaah tanpa sistem tiba dan berbagai kemudahan lainnya. Dengan begitu maka jamaah akan bisa meningkatkan kesejahteraannya dan roda ekonomi bisa bergulir yang semuanya dimulai dari dalam Masjid," jelasnya. Sebelumnya, BKM Masjid Nurul Islamiyah, Gahman Sitorus mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan atas bantuan yang diberikan untuk kemakmuran masjid. Bantuan ini tentunya sangat berguna sebab saat ini masjid tengah dalam pembangunan. Selain itu, disini juga akan didirikan rumah Tahfiz Quran.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan khususnya Bapak Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution yang telah memperhatikan masjid dengan memberikan bantuan untuk kemakmuran masjid. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi pembangunan masjid Nurul Islamiyah dan rumah Tahfiz Quran," jelasnya. Di masa Pandemi Covid-19, Pemko Medan mengemas Safari Ramadhan berbeda dari tahun sebelumnya. Selain menerapkan Protokol Kesehatan warga yang hadir juga dibatasi jumlahnya yakni hanya 50 warga. Kemudian guna menghindari kerumunan, Safari Ramadhan ini dilakukan usai Shalat Ashar dan berakhir sebelum berbuka puasa. Namun demikian para jamaah dan warga mendapatkan makanan dan takzil untuk berbuka puasa.[rs]      

Posting Komentar

Top