0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) Dr Hj R Sabrina MSi mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama melestarikan lingkungan hidup. Dengan melestarikan lingkungan hidup berarti juga ikut menyelamatkan masyarakat sekitarnya.

Hal itu disampaikan Sekdaprov Sumut Sabrina pada acara pembukaan ekspose Daya Dukung Daya Tampung Lingkungan Hidup Kawasan Strategis Nasional (KSN) Danau Toba, Kamis (15/11) di ruang rapat FL Tobing, Lantai 8 Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan.

Salah satu upaya untuk melestarikan lingkungan hidup, kata Sabrina, adalah memastikan setiap perencanaan tata ruang wilayah wajib didasarkan pada Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dan ditetapkan dengan memperhatikan daya dukung dan daya tampung lingkungan.

“Daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup adalah sebuah siklus dimana alam memberi dukungan bagi kesejahteraan manusia dan kembali alam berfungsi menyerap, menetralisir residu alam, menetralisir residu kegiatan manusia serta kemampuannya memulihkan dukungan sumber daya alam bagi kehidupan manusia,”paparnya.

Sepanjang daya dukungan dan daya tampung lingkungan hidup berada dalam kondisi seimbang, maka pembangunan berkelanjutan dapat dijamin. “Dengan demikian maka inti dari upaya pelestarian lingkungan hidup adalah terpeliharanya keseimbangan daya dukungan dan daya tampung lingkungan hidup,” katanya.

Tentang Danau Toba, kata Sabrina, adalah salah satu danau kaldera terbesar didunia yang terletak di Sumut dan danau terluas di Asia Tenggara dan juga merupakan sebuah Kaldera Volkano-tektonik (kawah gunung api raksasa) terbesar di di dunia.

Karena itu, katanya, penetapan dalam rencana tata ruang wilayah menjadi momentum untuk menyelamatkan kawasan ekosistem Danau Toba, memberdayakan potensi sektor produksi pertanian, perkebunan, peternakan dan perikaan, serta mengembalikan potensi pariwisata yang saat ini dianggap stagnan.

Sementara itu, Kepala Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sumatera Amral Fery mengatakan, bahwa melalui ekspose daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup kawasan strategis nasional Danau Toba berbasis jasa ekosistem ini, diharapkan dapat memberikan informasi kondisi strategis nasional serta dapat diketahui kondisi ekosistem yang sudah terdegradasi.

“Sehingga dengan demikian dapat diambil kebijakan yang tepat untuk setiap perencanaan sektor pembangunan. Serta sebagai pertimbangan untuk penyusunan atau revisi RTRW bagi daerah yang masuk dalam KSN Danau Toba,”paparnya.[ulfah]

Post a Comment

Top